Alasan Mengapa Kamu Wajib Ke Ranu Kumbolo (bonus : rute terdekat)

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau yang pasti dilewati oleh pendaki untuk mencapai puncak Mahameru. Danau Ranu Kumbolo terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa timur Indonesia. Untuk mencapai Ranu Kumbolo, desa terdekat yang bisa kamu singgahi menggunakan transportasi motor / mobil adalah desa Ranu Pani. Untuk bisa menuju kesini, rute terdekat jika kamu dari luar kota adalah turun di stasiun Malang. Kali ini akan kami jelaskan mengapa kamu wajib mendaki ke Ranu Kumbolo, dan kami beri bonus rute terbaik untuk menuju kesana.

Ranu Kumbolo 08.00 am

Untuk Mencapai ke sana (ranu kumbolo), jika kita dari luar kota, tujuan terdekat adalah kota Malang. Untuk mencapai kota Malang saya rekomendasikan naik kereta. Pada saat itu saya dari Yogyakarta menggunakan kereta malabar, memakan waktu sekitar 9-10 jam.

Yogyakarta – Malang

Begitu sampai di Stasiun Malang kamu bisa langsung menuju Ranu Pani (Desa terdekat dari semeru) menggunakan motor atau mobil pribadi. Tetapi karena jalannya cukup ngeri, kami memutuskan untuk naik Jeep saja.

Untuk naik Jeep menuju Ranu Pani, dari stasiun Malang kamu harus menuju daerah Tumpang. Untuk menuju ke Tumpang, kamu bisa naek angkot yang sudah ada di depan stasiun dengan membayar 10ribu saja, dan biasanya supirnya sudah menawarkan tujuan tumpang. Jika kalian mempunyai budget lebih, bisa naik taksi online. Saat itu Kami naik taksi online, habis sekitar 90ribu dibagi 3 orang. Jika rombongan 5 sampai 6 orang bisa lebih murah tentunya.

Sesampainya di Tumpang, kami menghubungi jasa persewaan Jeep yang telah kami boking sebelumnya. Untuk memesan Jeep kamu bisa boking terlebih dahulu. Harga 1 jeep yang diisi 6 orang adalah sekitar 500ribu, sedangkan yang diisi 9 orang sekitar 800ribu. Jika rombongan kamu sedikit, kamu bisa bergabung ke rombongan jeep orang lain untuk mendapat harga yang lebih murah tentunya.

Perjalanan dari tumpang ke Ranu Pani memakan waktu 1 jam 30 menit. Jalanan dari tumpang ke Ranu Pani menanjak, berkelok – kelok dan sempit. Bagi kamu yang naik motor atau mobil pribadi hati – hati ya.

Beberapa kilometer sebelum sampai Ranu Pani kita berhenti di sebuah spot foto yang memperlihatkan padang pasir kawasan bromo.

Padang Pasir dan Perbukitan Bromo Tengger

Setelah puas foto – foto disana perjalanan dilanjutkan, dan sampailah kami di desa Ranu Pani.

Di Ranu Pani kita wajib daftar ulang simaksi untuk mendapat tiket pendakian gunung semeru. Syarat dan tata cara simaksi dapat kamu lihat disini guys. Setelah Daftar ulang kita diwajibkan brefing dulu dengan pengurus pos pendakian gunung semeru. Brefing bertujuan memberi tahu kita rute dan pantangan / hal yang dilarang di gunung semeru supaya kita bisa mencapai tujuan, dan selamat saat kembali ke rumah.

Rute Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pani

Setelah menyelesaikan brefing, kita sudah diperbolehkan memulai pendakian Gunung Semeru.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *